The Use of Counting Media Sticks on Addition Materials to Improve Grade 1 Students’ Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.1831Kata Kunci:
Media, Hasil belajar, PembelajaranAbstrak
Sekolah dengan latar belakang yang kurang memenuhi media pembelajaran akan berpengaruh pada kualitas belajar siswa. Disamping itu, sebagai guru juga harus dapat memotivasi dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Penelitian ini dilakukan menggunakan media pembelajaran stick hitung pada mata pelajaran matematika kelas 1 dengan materi penjumlahan dengan harapan siswa dapat meningkatkan hasil belajar. Proses penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif dengan jenis pre-esperimental design (nondesign) one-group pretest-posttest. Bentuk penelitian tersebut membandingkan antara hasil dari pretest dan posttest dengan diberikan sebuah perlakuan. Data diperoleh dari hasil pre-test dan pos-test serta angket respon siswa terhadap penggunaan media stick hitung. Hasil penelitian dari Pengaruh media stick hitung materi penjumlahan terhadap hasil belajar siswa sebelum diberikan dan sesudah diberikannya pembelajaran menggunakan media stick hitung pada materi penjumlahan masih dibawah rata-rata Kriteria Ketentuan Minimal (KKM) yaitu 75. Dibandingkan dengan setelah diberikan perlakuan beruap pembelajaran menggunakan media stick hitung, hasil penelitian menunjukkan adanya tingkat yang signifikan pada hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai post-test dengan rata-rata nilai 91.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 IJPSE : Indonesian Journal of Primary Science Education
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.