PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.2916Keywords:
Aritmetika Sosial, Hasil Belajar, Media Video Pembelajaran, Pengaruh.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental. Penelitian ini melibatkan 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes yang berbentuk soal uraian sebanyak 2 item soal. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25. yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial di kelas VII.
Downloads
References
Agustriana, E., Buwono, S., & Warneri. (2014). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK).
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pythagoras, 7(1), 61–67.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, 1, 96–102.
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Pratika, D. S. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Fiqih di MIN 3 Ponorogo Tahun 2020/2021 (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo)
Purnami, N. P. M. D., Sulianingsih, N. W. W., & Widyantari, N. P. E. (2022). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi. Seminar Nasional “Digital Learning Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Strategi Dan Inovasi Pembelajaran,†1, 25–31.
Sari, D. P., Isnurani, Aditama, R., Rahmat, U., & Sari, N. (2020). Penerapan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari di SMAN 6 Tangerang Selatan. Prosiding Senantiasa, 1(1), 1363–1372.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
Wulandari, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Pada Materi Himpunan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP NU Palembang (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang)
Zulatifah, H., & Muktiadji, H. (2020). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMPN 4 Jombang. EduMATH, 10(2), 51–61.
Downloads
Published
Versions
- 2022-11-30 (2)
- 2022-11-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2809-0918) for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Mathematics Education Department, Universitas Hasyim Asyari Jombang, Indonesia as publisher of the journal.
The contents of the articles and advertisements published in the Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.