Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
DOI:
https://doi.org/10.33752/cartesian.v4i1.6687Keywords:
efektivitas, Geogebra, pendekatan PMRIAbstract
Materi bangun ruang sisi datar pada pelajaran matematika sering dijumpai dalam kehidupan nyata. Namun, realita menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum bisa menyelesaikan masalah terkait bangun ruang sisi datar secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan efektivitas pembelajaran dengan pendekatan PMRI berbantuan aplikasi Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar, khususnya luas permukaan dan volume dari bangun balok dan kubus. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 peserta didik kelas VIII G di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng. Adapun jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode tes tertulis, angket, serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pendekatan PMRI berbantuan aplikasi Geogebra efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari perolehan skor rata-rata yakni 83,26 dan persentase ketuntasan klasikal yakni sebesar 82,14%. 2) Pendekatan PMRI berbantuan aplikasi Geogebra efektif terhadap respon peserta didik. Hal ini terlihat dari respon peserta didik tergolong positif dengan persentase rata-rata respon siswa sebesar 70,8% dengan yang menjawab ya lebih besar daripada yang menjawab tidak. 3) Pendekatan PMRI berbantuan aplikasi Geogebra efektif terhadap kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Hal ini terlihat pada perolehan skor rata-rata yakni 3,63 dan masuk dalam kategori baik.
Downloads
References
Bawono, Edo. (2015). Pengaruh Metode Accelerated Learning Berbantu Jurnal Belajar dan Geogebra 3D Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Matematik Terhadap Hasil Belajar Pada Ruang Dimensi Tiga. Jurnal Aksioma, 6(2).
Chika, R. (2017). PMRI Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Bangun Ruang Sisi Datar. International Conference on Language Teaching and Education. Universitas Jambi.
Elif E. A. & Kübra A. (2022). Examining 6th Grade Students’ Learning of the Subject of Volume with GeoGebra Software Within the Framework of RME Approach. Open Journal for Educational Research, 6(1).
Hasibuan E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Jurnal Axiom, 7(1).
Ilma, R. & Zulkardi. (2010). Pengembangan Blog Support Untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Kemdikbud.go.id.
Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02).
Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 1(3).
Sari, S., Ratu I. I. P., Somakim. (2016). Supporting Students’ Understanding of Linear Equations with One Variable Using Algebra Tiles. Journal on Mathematics Education, 7(1).
Suyanto, Asep, J. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Zulnaidi, H., & Zamri, S. N. (2017). The effectiveness of the geogebra software: The intermediary role of procedural knowledge on students’ conceptual knowledge and their achievement in mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizki Nur Aulia Rahmadhani, Sari Saraswati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2809-0918) for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Mathematics Education Department, Universitas Hasyim Asyari Jombang, Indonesia as publisher of the journal.
The contents of the articles and advertisements published in the Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.