This is an outdated version published on 2022-11-30. Read the most recent version.

Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII

Authors

  • Ica Fitri Awalun Nisa' Prodi Pendidikan Matematika Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
  • Sari Saraswati Universitas Hasyim Asy'ari Jombang

DOI:

https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.2916

Keywords:

Aritmetika Sosial, Hasil Belajar, Media Video Pembelajaran, Pengaruh.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental. Penelitian ini melibatkan 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes yang berbentuk soal uraian sebanyak 2 item soal. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial dengan bantuan IBM SPSS Statistics 25. yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial di kelas VII.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustriana, E., Buwono, S., & Warneri. (2014). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK).
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gusmania, Y., & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Pythagoras, 7(1), 61–67.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, 1, 96–102.
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Pratika, D. S. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Fiqih di MIN 3 Ponorogo Tahun 2020/2021 (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo)
Purnami, N. P. M. D., Sulianingsih, N. W. W., & Widyantari, N. P. E. (2022). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis Teknologi. Seminar Nasional “Digital Learning Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Strategi Dan Inovasi Pembelajaran,” 1, 25–31.
Sari, D. P., Isnurani, Aditama, R., Rahmat, U., & Sari, N. (2020). Penerapan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari di SMAN 6 Tangerang Selatan. Prosiding Senantiasa, 1(1), 1363–1372.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
Wulandari, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Pada Materi Himpunan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP NU Palembang (Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang)
Zulatifah, H., & Muktiadji, H. (2020). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMPN 4 Jombang. EduMATH, 10(2), 51–61.

Published

2022-11-30

Versions

How to Cite

Ica Fitri Awalun Nisa', & Saraswati, S. (2022). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.2916