Article history: Received March 29, 2024 Revised August 20, 2024 Accepted Nov 18, 2024 Keywords: Learning Media, Puzzles, Plant Reproduction Implementasi Pengembangan Media Puzzle Kreatif Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Pelajaran IPAS Di Kelas 4
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7945Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Puzzle, Perkembangbiakan TumbuhanAbstrak
Tujuan penelitian ini mengembangkan media puzzle perkembangbiakan tumbuhan IPAS. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang mempunyai 5 tahapan yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media puzzle dan kelayakan media puzzle tersebut. Penelitian ini menggunakan angket untuk menguji kelayakan media tersebut melalui validasi ahli media dan validasi ahli materi. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa hasil dikategorikan “sangat valid”dengan skor maksimal 48 dan skor perolehan 42 dan rata presentase 87%. Sedangkan validasi ahli materi menunjukkan bahwa hasil dikategorikan “sangat valid” dengan skor maksimal 36 dan skor perolehan 33 dan rata-rata presentase 92%. Hasil angket respon peserta didik dikategorikan “sangat baik” dengan rata-rata skor maksimal 60 dan rata-rata skor perolehan 57 dengan presentase 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media puzzle layak digunakan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dita Wahyu Anggraeni, Muhammad Nuruddin, Ratih Asmarani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.