Article history: Received March 29, 2024 Revised August 20, 2024 Accepted Nov 18, 2024 Keywords: Learning Media, Puzzles, Plant Reproduction Implementasi Pengembangan Media Puzzle Kreatif Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Pelajaran IPAS Di Kelas 4

Penulis

  • Dita Wahyu Anggraeni Universitas Hasyim Asy’ari
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy’ari
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7945

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Puzzle, Perkembangbiakan Tumbuhan

Abstrak

Tujuan penelitian ini mengembangkan media puzzle perkembangbiakan tumbuhan IPAS. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang mempunyai 5 tahapan yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media puzzle dan kelayakan media puzzle tersebut. Penelitian ini menggunakan angket untuk menguji kelayakan media tersebut melalui validasi ahli media dan validasi ahli materi. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa hasil dikategorikan “sangat valid”dengan skor maksimal 48 dan skor perolehan 42 dan rata presentase 87%. Sedangkan validasi ahli materi menunjukkan bahwa hasil dikategorikan “sangat valid” dengan skor maksimal 36 dan skor perolehan 33 dan rata-rata presentase 92%. Hasil angket respon peserta didik dikategorikan “sangat baik” dengan rata-rata skor maksimal 60 dan rata-rata skor perolehan 57 dengan presentase 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media puzzle layak digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Anggraeni, D. W., Nuruddin, M., & Asmarani, R. (2024). Article history: Received March 29, 2024 Revised August 20, 2024 Accepted Nov 18, 2024 Keywords: Learning Media, Puzzles, Plant Reproduction Implementasi Pengembangan Media Puzzle Kreatif Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Pelajaran IPAS Di Kelas 4 . IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 5(1), 131–136. https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7945

Terbitan

Bagian

Articles