Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menumbuhkan Karakter Siswa di SDN Jombatan 6 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4189Kata Kunci:
Implementasi, P5, KarakterAbstrak
Masalah kurangnya empati dan kesadaran lingkungan di kalangan siswa SDN Jombatan 6 Jombang—yang terlihat dari lingkungan yang terabaikan dan penumpukan sampah dalam jumlah besar—masih menjadi kekhawatiran yang berulang. Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk menumbuhkan karakter siswa dan menguraikan strategi pelaksanaannya. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini mengkaji subjek berdasarkan fenomena yang ada. Pesertanya meliputi kepala sekolah, guru kelas empat, seluruh siswa kelas empat, dan tukang kebun sekolah. Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dilanjutkan dengan tahap analisis reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan, divalidasi melalui uji sejawat. Temuan ini menjelaskan beberapa poin penting: (1) Guru merancang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN Jombatan 6 Jombang, menyusun modul pembelajaran yang disesuaikan dengan lingkungan setempat. Modul-modul ini disertai dengan tindakan praktis yang diperoleh dari kegiatan pendidikan. (2) Strategi penerapan kegiatan P5 pada siswa kelas empat beragam, termasuk pemilihan materi dan metode pengajaran yang menarik untuk meningkatkan perolehan pengetahuan. Upaya-upaya ini didukung oleh materi advokasi seperti spanduk atau pamflet. (3) Dampak kegiatan P5 terhadap karakter siswa di SDN Jombatan 6 Jombang terlihat dalam perilaku sehari-hari, seperti merawat tanaman, membuang sampah dengan benar, mengurangi sampah plastik, membawa bekal buatan sendiri, mengikuti pengabdian masyarakat, dan menaati peraturan-peraturan sekolah.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Irma Dyah Fatmawati, Emy Yunita Rahma Pratiwi, Wanty Widjaja
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.