The Development of Lectora Inspire Media Based on Jombang Local Culture for Fourth Grade Elementary School

Penulis

  • Lenon Debiya Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i1.2062

Kata Kunci:

Lectora Inspire, ADDIE, Jombang Culture

Abstrak

Proses pembelajaran pada tingkat sekolah dasar memerlukan media pembelajaran guna menarik semangat belajar peserta didik. Kegiatan pembelajaran dalam kelas juga dapat mengikuti arus perkembangan era moder tanpa mengurangi semua hal dalam kreativitas maupun pendidikan moral peserta didik. Pengenalan budaya lokal juga perlu ada pada proses pembelajaran agar peserta didik mampu mengerti serta memahami budaya disekitar mereka. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengembangan media interaktif berbantuan lectora inspire, serta mengetahui kualitas media interaktif tersebut dalam pembelajaran di SD. Penelitian ini terlaksana di SD Kepanjen 2 Jombang dalam bulan Mei tahun pengajaran 2020/2021 dengan menggunakan R&D (Research and Development) sebagai metode penelitian dan pengembangan yang merujuk pada desain penelitian dan pengembangan ADDIE serta akronimnya adalah Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba media ialah 20 peserta didik kelas IV-A SD Kepanjen 2 Jombang. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan angket dengan teknik analisis data kuantitatif maupun data kualitatif. Hasil penelitian memperoleh rata-rata presentase kevalidan media sebesar 94,775%. (sangat valid juga layak digunakan tanpa perbaikan), dengan masing-masing penilaian ahli materi sebesar 91,55% (sangat valid juga layak digunakan tanpa perbaikan), dan ahli media sebesar 98% (sangat valid juga layak digunakan tanpa perbaikan). Uji coba produk menggunakan 20 Peserta didik SD Kepanjen 2 memperoleh penilaian presentase keseluruhan aspek sebesar 90,45% (sangat menarik), sedangkan penilaian pedidik sebesar 91,7% media pembelajaran berbantuan lectora inspire sangat menarik juga sangat layak digunakan dalam pembelajaran SD. Sehingga disimpulkan bahwasanya media interaktif yang dikembangkan sangat valid juga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-11-29

Cara Mengutip

Debiya, L., & Asmarani, R. (2021). The Development of Lectora Inspire Media Based on Jombang Local Culture for Fourth Grade Elementary School. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i1.2062

Terbitan

Bagian

Articles