The Effect of The Use of Audio Visual Animation Media on The Learning Outcomes of Class V Students in Building Room Materials in Sdit Darul Falah

Penulis

  • Siti Aminah Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia
  • M. Bambang Edi Siswanto Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1997

Kata Kunci:

Media Animasi Audio Visual, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V materi bangun ruang di SDIT Darul Falah. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pemikiran yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi untuk menambah wawasan pengetahuan, serta digunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan bagi lembaga-lembaga yang terkait dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakaan adalah Quasi Eksperimen. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas V SDIT Darul Falah Tahun Ajaran 2021 yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian dilakukan pada semester genap bulan April tahun ajaran 2021. Sebelum penelitian, peneliti memvalidkan soal, rpp dan media pembelajaran yang akan diujikan terlebih dahulu. Hasil dari uji pretest dan postest yang dilakukan diperoleh hasil rata-rata pretest 49,5 dan rata-rata posttest 70,25 pada kelas kontrol, dan hasil rata-rata pretest 50 dan rata-rata posttest 80,25 pada kelas eksperimen. Setelah dilakukan uji t pada pretest dan posttest di kelas kontrol mendapatkan hasil thitung > ttabel atau 3,67 > 2,093 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada kelas kontrol. Hasil uji t pada kelas eksperiment adalah thitung > ttabel atau 3,73 > 2,093 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pada pembelajaran matematika dengan menggunakan media animasi audio visual. Jika dibandingkan uji t pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu (3,73) >(3,67) dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran animasi audio visual dan kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dan pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi audio visual lebih besar daripada pada pembelajaran konvensional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-24

Cara Mengutip

Aminah, S., & Edi Siswanto, M. B. (2022). The Effect of The Use of Audio Visual Animation Media on The Learning Outcomes of Class V Students in Building Room Materials in Sdit Darul Falah. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 2(2), 91–98. https://doi.org/10.33752/ijpse.v2i2.1997

Terbitan

Bagian

Articles