PENGARUH MEDIA ANIMASI BERBASIS AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS III SD

Penulis

  • Fadilah Yulia Kristiandar Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Kamidjan Kamidjan Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Heru Wiyadi Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1105

Kata Kunci:

Media Animasi, Hasil Belajar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengaruh media animasi berbasis audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar pada tema 7 subtema sumber energi pembelajaran 1. Jenis penelitian ini menggunakan pre-eksperimental. Subjek penelitian pada kelas III SDN Kepanjen 1 Jombang yang menjadi kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunkan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil Teknik analisis data menunjukan bahwa dengan menggunakan media animasi berbasis audio-visual proses pembelajaran lebih bermakna dan siswa tidak merasa bosan. Animasi adalah sebuah gambar yang bisa bergerak yang disertai dengan suara, yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Pembuatan animasi berbasis audio-visual ini dibuat melalui aplikasi powtoon. Dari uji pretest dan posttest yang dilakukan diperoeh hasil rata-rata pretest 67,88 dan rata-rata posttest 81,92. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pada penggunaan media animasi berbasis audio-visual terhadap hasil belajar pada tema 7 subtema sumber energi pembelajaran 1.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Kristiandar, F. Y. ., Kamidjan, K., & Wiyadi, H. (2020). PENGARUH MEDIA ANIMASI BERBASIS AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS III SD. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 1(1), 101–107. https://doi.org/10.33752/ijpse.v1i1.1105

Terbitan

Bagian

Articles