Pakapindo Media Development (Doraemon Smart Pocket Board) in The Thematic Learning for Class III
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.1876Keywords:
: Pakapindo media, 4-D Model Development,Abstract
Sekolah dasar merupakan lembaga pendidikan formal. Setiap sekolah memiliki program wajib sesuai dengan protokol kemendikbud yaitu pembiasaan mengenalkan ragam budaya di indonesiasebelum pelajaran. Dan menyanyikan lau kebangsaan untuk menanakan rasa nasionalisme. Dengan demikian siswa dapat memahami hak dan kewajiban sebagai warga Negara yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pakapindo untuk pembelajaran tematik kelas III SD. Memahami seperti apa proses perkembangan media, seperti apa kualitas media, dan bagaimana media itu diterapkan. Penelitian ini merupakan model 4D berorientasi R&D dari S. Thiagarajan et al., yang dimodifikasi, dirancang, dikembangkan, dan disebarluaskan oleh peneliti menggunakan Define. Objek penelitian adalah siswa kelas III tahun ajaran 2020/2021.
Teknik pengumpulan data kevalidan menggunakan angket validasi media , data kepraktisan menggunakan hasil penilaian angket ,validasi media, dan data tes belajar peserta didik.Berdasarkan uji coba lapangan hasil penilaian kevalidan yang telah direvisi menduduki kategori valid dengan rata-rata keseluruhan yaitu 83,25. Kemudian hasil belajar peserta didik dengan rata-rata sebesar 86, jumlah peserta didik tuntas dengan persentase 90% atau 9 orang dan persentase 10% atau 1 orang yang tidak tuntas.
Dengan demikian media yang telah dikembangkan dinyatakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Dan kepraktisan ditinjau dari hasil kevalidan yaitu 83,25 dengan kategori sedikit revisi. Dapat disimpulkan bahwa media pengembangan memenuhi aspek valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran literasi baca-tulis.