Analisis Pembelajaran Karya Seni Motif, Tari, dan Ukiran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Melayu Riau Dalam Menumbuhkan kreativitas Siswa kelas V

Penulis

  • Dian Purnomo UIN SUSKA Riau
  • Yasnel UIN SUSKA Riau
  • Dessy Syofiyanti STAI Madinatun Najah Rengat

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.8244

Kata Kunci:

Pembelajaran Karya Seni Motif,, Ukiran, Kreativitas Siswa

Abstrak

Kurangnya kreativitas yang dihadapi siswa, diantaranya kurangnya rasa percaya diri menjadi faktor utama yang turut menyebabkan kesulitan berpikir. Hal ini berkaitan dengan siswa yang tidak percaya diri dan kurang percaya diri untuk mengeksplorasi kreativitas, merasa tidak siap. Kurangnya model atau dukungan yang efektif juga berkontribusi terhadap kesulitan dalam pengalaman kreatif. Pada Pembelajaran Karya Seni Motif, Tari, dan Ukiran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Melayu Riau Dalam Menumbuhkan kreativitas Siswa. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatakan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini kepada sekolah, waka kurukilum, guru seni budaya 2 orang dan siswa kelas v (lima) MI 5 orang. Pengumpulan data dengan cara dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian yang dibahas memberikan hasil bahwa pembelajaran Karya Seni Motif, Tari, dan Ukiran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Melayu Riau dapat menumbuhkan kreativitas pada siswa. Kesimpulan penelitian menyatakan penting pembelajaran Karya Seni Motif, Tari, dan Ukiran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Melayu untuk ditingkatkan, bukan hanya kreativitas siswa saja namun bisa juga untuk berpikir kritis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Purnomo, D., Yasnel, & Syofiyanti, D. (2024). Analisis Pembelajaran Karya Seni Motif, Tari, dan Ukiran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Melayu Riau Dalam Menumbuhkan kreativitas Siswa kelas V. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 5(1), 173–181. https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.8244

Terbitan

Bagian

Articles