Analisis Pembelajaran Karya Seni Motif, Tari, dan Ukiran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Melayu Riau Dalam Menumbuhkan kreativitas Siswa kelas V
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.8244Kata Kunci:
Pembelajaran Karya Seni Motif,, Ukiran, Kreativitas SiswaAbstrak
Kurangnya kreativitas yang dihadapi siswa, diantaranya kurangnya rasa percaya diri menjadi faktor utama yang turut menyebabkan kesulitan berpikir. Hal ini berkaitan dengan siswa yang tidak percaya diri dan kurang percaya diri untuk mengeksplorasi kreativitas, merasa tidak siap. Kurangnya model atau dukungan yang efektif juga berkontribusi terhadap kesulitan dalam pengalaman kreatif. Pada Pembelajaran Karya Seni Motif, Tari, dan Ukiran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Melayu Riau Dalam Menumbuhkan kreativitas Siswa. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatakan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini kepada sekolah, waka kurukilum, guru seni budaya 2 orang dan siswa kelas v (lima) MI 5 orang. Pengumpulan data dengan cara dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian yang dibahas memberikan hasil bahwa pembelajaran Karya Seni Motif, Tari, dan Ukiran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Melayu Riau dapat menumbuhkan kreativitas pada siswa. Kesimpulan penelitian menyatakan penting pembelajaran Karya Seni Motif, Tari, dan Ukiran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Melayu untuk ditingkatkan, bukan hanya kreativitas siswa saja namun bisa juga untuk berpikir kritis.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dian Purnomo, Yasnel, Dessy Syofiyanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.