Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Penulis

  • Chusnul Ramadhaning Tyas Universitas Hasyim Asy’ari
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7952

Kata Kunci:

Index Card Match, Motivasi Belajar

Abstrak

Motivasi belajar adalah dorongan atau ajakan untuk melakukan sesuatu yang dapat menumbuhkan rasa semangat dalam diri seseorang sehingga proses pembelajaran dapat tercapai dengan lebih baik. Penelitian ini dilakukan di SDN Kwaron 02 Diwek Jombang, penelitian ini memiliki tujuan ialah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran index card match terhadap motivasi belajar siswa pada kelas II SDN Kwaron 02. Untuk menyelesaikan permasalahan pada penelitian ini peneliti menggunakan model pembelaajran index card match. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Pre-Eksperimen Designs dengan menggunakan metode penelitian eksperimen desain yang digunakan yaitu desain pre-eksperimen menggunakan rancangan penelitian One Group Pretset-Posttest Design . Penelitian dilakukan di SDN Kwaron 02 Diwek Jombang. Peneliti menggunakan Teknik sampel jenuh disebabkan jumlah siswa kurang dari 30 untuk responden dalam penelitian ini ialah 15 siswa. Pqda penelitian ini dilakukan dua kali pertemuaan pada pertemuan pertama siswa tidak diberikan penerapan selanjutnya pada pertemuan kedua siswa diberikan penerapan model pembelajaran index card match. Untuk instrument penguumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, serta dokumentasi peneltian ini dianalisis menggunakan bantuan SPSS 25,0. Dari hasil penelitian ditemukan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran index card macth terhadap motivasi belajar pada kelas II siswa SDN Kwaron 02, hal tersebut didukung dengan hasil rata-rata sebesar 73,667 lebih besar daripada hasil rata-rata pretest sebesar 60,667. Terdapat pengaruh model pembelajaran index card match terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil perhitungan bantuan SPSS 25,0 yang menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran index card match terhadap motivasi belajar siswa pada kelas II SDN Kwaron 02 dari hasil perhitungan didapatkan t hitung hitung sebesar 16,516 sedangkan untuk t tabel 2, 144787 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Tyas, C. R., & Pratiwi, E. Y. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 5(1), 156–163. https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7952

Terbitan

Bagian

Articles