Implementasi Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7941Kata Kunci:
Implementasi Model Borg and Gall, kartu kuartet, Nilai-nilai Pancasila.Abstrak
Pembelajaran yang ada di SDN Jatirejo Jombang masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Peserta didik belum pernah mengunakan media karrtu kuartet. Bersandarkan hal tersebut perlu adanya inovasi baru seperti menghasilkan media kartu kuartet untuk menambah pengetahuan belajar siswa SDN Jatirejo Jombang. Pengembangan media kartu kuartet dilakasanakan menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model Borg and Gall karena dianggap tepat. Ada 7 tahap yang dilalui 1) potensi dan masalah, 2) penelitian dan pengumpulan data, 3) perencanaan desain produk , 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Bersandarkan hasil data selama penelitian 1) media kartu kuartet yang dikembangkan dinyatakan sangat valid digunakan dalam pembelajaran. Hal ini bersandarkan hasil validasi ahli media sebesar 85,26% dan ahli materi 95,80% dari presentase kriteria yang telah ditatapkan. 2) media kartu kuartet yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini bersandarkan hasil angket respon guru 92,59%, angket respon peserta didik uji coba produk 95,78%.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Danang Priabudi, Muhammad Nuruddin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.