Implementasi Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila

Penulis

  • Danang Priabudi Universitas Hasyim Asy’ari
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7941

Kata Kunci:

Implementasi Model Borg and Gall, kartu kuartet, Nilai-nilai Pancasila.

Abstrak

Pembelajaran yang ada di SDN Jatirejo Jombang masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Peserta didik belum pernah mengunakan media karrtu kuartet. Bersandarkan hal tersebut perlu adanya inovasi baru seperti menghasilkan media kartu kuartet untuk menambah pengetahuan belajar siswa SDN Jatirejo Jombang. Pengembangan media kartu kuartet dilakasanakan menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model Borg and Gall karena dianggap tepat. Ada 7 tahap yang dilalui 1) potensi dan masalah, 2) penelitian dan pengumpulan data, 3) perencanaan desain produk , 4) validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Bersandarkan hasil data selama penelitian 1) media kartu kuartet yang dikembangkan dinyatakan sangat valid digunakan dalam pembelajaran. Hal ini bersandarkan hasil validasi ahli media sebesar 85,26% dan ahli materi 95,80% dari presentase kriteria yang telah ditatapkan. 2) media kartu kuartet yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini bersandarkan hasil angket respon guru 92,59%, angket respon peserta didik uji coba produk 95,78%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Priabudi, D., & Nuruddin, M. (2024). Implementasi Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 5(1), 112–115. https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7941

Terbitan

Bagian

Articles