Pengaruh Metode Permainan Untuk Melihat Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Dikelas 5 SDN Japanan 2 Gudo Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7940Kata Kunci:
Metode permainan, Hasil belajar, Bahasa jawaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini agar mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan permainan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Japanan 2 Gudo Jombang. Penelitian ini bersifat kuantitatif, eksperimental, dan menggunakan metodologi pretest-posttest kelompok tunggal. Ada dua puluh empat siswa kelas lima sebagai sampel. Pada penelitian ini, tes dan dokumentasi termasuk pendekatan yang digunakan untuk memperoleh data. Ada lima pertanyaan esai dan sepuluh pertanyaan pilihan ganda pada tes ini. Dari 24 siswa yang belajar dengan menggunakan teknik tradisional, hasilnya menunjukkan bahwa 21 siswa 87,6% masuk pada golongan belum tuntas serta 3 siswa 12,4% masuk pada golongan tuntas. Dalam pengertian tradisional, tidak tuntas karena nilai rata-rata 38,5, tetapi dalam konteks pembelajaran berbasis permainan, tidak ada siswa yang masuk dalam kategori tuntas; sebaliknya, 24 siswa memiliki tingkat ketuntasan 100%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata 90 meraih KKM yang diperkirakan sebanyak 70, yang menunjukkan jika pembelajaran telah selesai pada tingkat yang diinginkan secara klasikal. Meneliti dampak metode permainan terhadap hasil belajar siswa menunjukkan adanya korelasi atau pengaruh yang kuat. Hal ini dipaparkan pada hasil signifikansi uji t sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga hipotesis alternatif (H1) disetujui serta hipotesis nol (H0) tidak disetujui, yang menunjukkan jika penerapan pendekatan permainan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa - khususnya siswa kelas 5 di SDN Japanan 2 Gudo telah meningkat sebagai hasil dari penerapan pendekatan permainan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Angelita Kurnia Sari, Emy Yunita Rahma Pratiwi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.