Article history: Received March 19, 2024 Revised Oct 10, 2023 Accepted Nov 30, 2023 Keywords: Multiliteracy, Reading Skills, Students IV Elementary School PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV SDN JAPANAN
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7939Kata Kunci:
Multiliterasi, Keterampilan membaca, Siswa Kelas IVAbstrak
Selain mengajarkan mata pelajaran ilmiah, Pendidikan di Indonesia di abad ke-21 juga mengajarkan mata pelajaran multicultural, multikontekstual, dan multimedia. Elemen-elemen ini tentu membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari. Siswa di sekolah dasar dibimbing dengan menggunakan strategi pembelajaran multiliterasi untuk meningkatkan keterampilan membaca mereka, khususnya di pelaharan Bhs. Indonesia. Tujuan dari studi ini adalah mengetahui dan mengkarasterisasi bagaimana model multiliterasi mempengaruhi keterampilan membaca anak. Para penulis studi ini menerapkan teknik kuantitatif dengan desain pretest-posttest untuk satu kelompok. Tes dan dokumentasidigunakan dalam sebagai informasi dalam pengumpulan data. Analisis data dengan menggunakan uji sampel paired test. seluruh siswa kelas empat di SDN Japanan 2 Gudo menjadi subjek penelitian. Skor yang dihitung memiliki tingkat signifikansi 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa paradigma multiliterasi dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengajaran Bahasa Indonesia, serta meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas IV di sekolah dasar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Astri Rizke Yunianti, Hawwin Fitra Raharja, Evi Rizqi Salamah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.