ANALISIS MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7937Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Minat Belajar, Discovery LearningAbstrak
Dewasa ini kegiatan pembelajaran menjadi semakin komplek, seiring dengan kemajuan zaman serta perubahan proses pendidikan di era modern, hal tersebut tak lepas pengaruhnya terhadap kondisi motivasi dan minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Siswa sekolah dasar dapat menumbuhkan motivasi dan minat belajar yang baik melalui kegiatan pembelajaran yang baik serta aktif. Motivasi dan minat belajar merupakan modal awal yang harus dimiliki siswa dalam belajar. Tujuan dari menumbuhkan motivasi dan minat belajar pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi dan minat belajar siswa dalam model discovery learning pada kelas III SDN Jombatan 3 Jombang. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran matematika materi pengurangan pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus dilakukan dengan eksplorasi secara mendalam terkait kondisi motivasi dan minat belajar siswa kelas III dalam discovery learning yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi terkait kondisi motivasi dan minat belajar siswa dalam model discovery learning. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi motivasi dan minat belajar siswa antara lain; (1)faktor eksternal: peran guru, model pembelajaran, lingkungan belajar. (2)Faktor internal: kecerdasan siswa, kebiasaan belajar siswa, dan kesehatan siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fernandi Pramudika, Claudya Zahrani Susilo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.