PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANSCRAPBOOK PADA MATERI TUMBUHAN, SUMBER KEHIDUPAN DIBUMI KELAS IV SDN KEPANJEN 1 JOMBANG

Penulis

  • Dian Nur Khasanah Universitas Hasyim Asy’ari
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy’ari
  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7934

Kata Kunci:

Media Pembelajaran,, Scrapbook

Abstrak

Jenis penelitian ini menggunakan metode research and develompent dengan media ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi. Model ini digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada pembelajaran materi tumbuhan dan sumber kehidupan di Bumi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kepanjen 1 Jombang. Analisis data yang digunakan adalah dengan catatan lapangan, angket validator dan angket respon siswa. Media ini dinyatakan valid dan layak oleh validator ahli media dengan persentase 81% dan validator ahli materi rata-rata 87%. selain itu, respon siswa pada kualitas materi dan media pembelajaran scrapbook memperoleh nilai rata-rata 84%. Implementasi dilakukan uji coba sebanyak dua kali yakni skala kecil dan besar dengan hasil 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media scrapbook ini bisa diterapkan pada materi tumbuhan dan sumber kehidupan di bumi serta dapat diterima dengan baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Khasanah, D. N., Raharja, H. F., & Dwinata, A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANSCRAPBOOK PADA MATERI TUMBUHAN, SUMBER KEHIDUPAN DIBUMI KELAS IV SDN KEPANJEN 1 JOMBANG. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 5(1), 62–68. https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7934

Terbitan

Bagian

Articles