PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARANSCRAPBOOK PADA MATERI TUMBUHAN, SUMBER KEHIDUPAN DIBUMI KELAS IV SDN KEPANJEN 1 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7934Kata Kunci:
Media Pembelajaran,, ScrapbookAbstrak
Jenis penelitian ini menggunakan metode research and develompent dengan media ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluasi. Model ini digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada pembelajaran materi tumbuhan dan sumber kehidupan di Bumi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kepanjen 1 Jombang. Analisis data yang digunakan adalah dengan catatan lapangan, angket validator dan angket respon siswa. Media ini dinyatakan valid dan layak oleh validator ahli media dengan persentase 81% dan validator ahli materi rata-rata 87%. selain itu, respon siswa pada kualitas materi dan media pembelajaran scrapbook memperoleh nilai rata-rata 84%. Implementasi dilakukan uji coba sebanyak dua kali yakni skala kecil dan besar dengan hasil 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media scrapbook ini bisa diterapkan pada materi tumbuhan dan sumber kehidupan di bumi serta dapat diterima dengan baik.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dian Nur Khasanah, Hawwin Fitra Raharja, Anggara Dwinata

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.