Hubungan Metode Drill Terhadap Kemampuan Hitung Perkalian Siswa Kelas II di SDN Bareng 4 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7919Kata Kunci:
Metode Drill,, Kemampuan Hitung,, PerkalianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan hubungan metode drill terhadap kemampuan hitung perkalian siswa kelas II SDN Bareng 4. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental dan menggunakan bentuk desain One Group Pre Test Post Test. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas II yang berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Tes tersebut terdiri dari soal isian yang berjumlah 50 soal. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) kemampuan hitung perkalian siswa sebelum diterapkan metode drill secara umum dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 63. (2) kemampuan hitung perkalian siswa setelah diterapkan metode drill secara umum dikategorikan mampu dengan nilai rata-rata 91,6. (3) Hubungan metode drill dengan Kemampuan hitung perkalian siswa menunjukkan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh yang signifikan. Hal tersebut dapat dilihat nilai signifikasi uji t 0,001 < 0,05 maka H0 di tolak dan H1 diterima. artinya terdapat pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Elvy Nur Laillatul Qomariyah, Desty Dwi Rochmania

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.