Hubungan Metode Drill Terhadap Kemampuan Hitung Perkalian Siswa Kelas II di SDN Bareng 4 Jombang

Penulis

  • Elvy Nur Laillatul Qomariyah Universitas Hasyim Asy’ari
  • Desty Dwi Rochmania Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7919

Kata Kunci:

Metode Drill,, Kemampuan Hitung,, Perkalian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan hubungan metode drill terhadap kemampuan hitung perkalian siswa kelas II SDN Bareng 4. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental dan menggunakan bentuk desain One Group Pre Test Post Test. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas II yang berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Tes tersebut terdiri dari soal isian yang berjumlah 50 soal. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) kemampuan hitung perkalian siswa sebelum diterapkan metode drill secara umum dikategorikan sedang  dengan nilai rata-rata 63. (2) kemampuan hitung perkalian siswa setelah diterapkan metode drill secara umum dikategorikan mampu  dengan nilai rata-rata 91,6. (3) Hubungan metode drill dengan Kemampuan hitung perkalian siswa menunjukkan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh yang signifikan. Hal tersebut dapat dilihat nilai signifikasi uji t 0,001 < 0,05 maka H0 di tolak dan H1 diterima. artinya terdapat pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Qomariyah, E. N. L., & Dwi Rochmania, D. (2024). Hubungan Metode Drill Terhadap Kemampuan Hitung Perkalian Siswa Kelas II di SDN Bareng 4 Jombang. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.33752/ijpse.v5i1.7919

Terbitan

Bagian

Articles