Efektivitas Pembelajaran Number Heads Together Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pembelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4655Kata Kunci:
Berpikir Kritis, NHTAbstrak
Tujuan pembelajaran secara umum serta karakteristik sosial, fisik, dan mental anggota kelompok belajar tersebut merupakan bagian dari efektivitas pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan dengan mempelajari number heads secara kolektif. Kapasitas untuk berpikir kritis memerlukan kapasitas untuk bernalar, pemikiran yang masuk akal serta kapasitas untuk memecahkan masalah. Siswa dapat mengembangkan kepribadian mereka dan mampu mengartikulasikan ide-ide mereka dengan menggunakan pemikiran kritis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendeskripsikan secara faktual, metodis, dan tepat kegunaan penggunaan kepala bilangan dalam pembelajaran untuk menumbuhkan berpikir kritis pada anak sekolah dasar. Diketahui bahwa t-hitung, yaitu 6,007 > 2,093 melebihi t-tabel. dengan sig 2-ekor. nilai 0,000. H1 diterima dan H0 ditolak karena dapat dilihat bahwa nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang cukup besar dalam efektivitas mengajar siswa berpikir kritis sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran number heads together.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Fatimah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.