Pengaruh Penggunaan Media Kartu Domat Pecahan Matematika Terhadap Hasil Belajar Kelas III

Penulis

  • Fitria Qurota Ayun Universitas Hasyim Asy'ari
  • Desty Dwi Rachmania Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4337

Kata Kunci:

Pengaruh, Domat

Abstrak

Pada penelitian ini terdapat suatu permasalahan yaitu siswa belum memahami makna pecahan guru menggunakan media pembelajaran yang belum sesuai dengan materi pecahan matematika dan rendahnya hasil belajar siswa pada materi pecahan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil sebelum dan sesudah menggunakan media kartu domat dan mengetahui pengaruh penggunaan media kartu domat kelas III  SD Negeri Pakel 1 Bareng Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen menggunakan software SPSS atau (paket statistik ilmu sosial) versi 22. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat 21 siswa SDN Pakel 1 yang mampu melakukannya. . untuk memahami materi pecahan menggunakan peta mezan domat. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan menggunakan pre-test dan post-test. Skor rata-rata sebelum tes adalah 55,85 dan skor setelah tes adalah 82,19. Pada penelitian ini pengaruh pembelajaran dengan media kartu Domat menunjukkan perbedaan yang signifikan sebesar 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,5. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berdampak pada hasil belajar siswa dalam memahami materi patah tulang menggunakan media pemetaan Domat. 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Desty Dwi Rachmania, Universitas Hasyim Asy'ari

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-08

Cara Mengutip

Qurota Ayun, F., & Rachmania, D. D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Domat Pecahan Matematika Terhadap Hasil Belajar Kelas III. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(2), 231–234. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4337

Terbitan

Bagian

Articles