Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal Kelas III Di SD Plus Pesantren Al Anwar Pacul Gowang
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4306Kata Kunci:
Penerapan, Kearifan Lokal, P5Abstrak
Sejak ajaran baru tahun 2022–2023, SD Plus Pesantren Al Anwar Pacul Gowang telah menggunakan Kurikulum Merdeka. menetapkan profil pelajar pancasila sebagai landasan penanaman nilai-nilai karakter yang sesuai dengan pancasila. Pelaksanaannya dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kurikuler (berbasis proyek). Berikut 6 dimensi profil mahasiswa pancasilaKeimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, budi pekerti luhur, berbhineka global, gotong royong, kemandirian, berpikir kritis, dan kreativitas adalah lima sifat pertama. Temuan peneliti menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan proyek peningkatan profil pelajar Pancasila pada topik kearifan lokal kelas III, di mana guru membuat materi dan program untuk dilaksanakan selama satu semester untuk memastikan bahwa komposisi dirancang dengan baik, dan ada manfaat program ketika siswa menyelesaikan proyek yang disediakan. (2) Kemampuan untuk menumbuhkan rasa menghormati terhadap keragaman budaya, menciptakan karya dan tindakan inovatif, serta melakukan proyek-proyek untuk mengangkat profil pelajar pancasila kelas III ditunjukkan melalui upaya peningkatan kreativitas siswa. Tidak hanya itu, tetapi perkembangan kepribadian, karakter emosional, intelektual, bahasa, karakter kognitif, dan moral semuanya berjalan dengan kecepatan tinggi bersamaan dengan perkembangan fisik dan motorik. (3) Pelaksanaan proyek pengembangan profil pelajar Pancasila pada topik kearifan lokal menghadapi sejumlah tantangan, antara lain kurangnya kerjasama dewan guru, kurangnya sumber daya dan infrastruktur, dan dukungan orang tua. Peningkatan kerjasama dengan dewan guru dan fasilitas yang lengkap menjadi jawaban dari permasalahan tersebut.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 anik astutik, Emy Yunita Rahma Pratiwi, Ahmad Faizi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.