Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar IPS Kelas V

Penulis

  • Refi RiskhaYeni Universitas Hasyim Asy'ari
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy'ari
  • Evi Rizqi Salamah Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4243

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Mind Mapping, Minat Belajar IPS

Abstrak

Pendidikan formal dijenjang Sekolah Dasar timbul beberapa permasalahan terkait dengan pembelajaran IPS. Permasalahan yang sering terjadi pada pembelajaran IPS adalah terkait dengan standar proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar IPS materi Jenis-jenis Usaha Ekonomi Di Indonesia pada siswa kelas V SDN Jatipelem 1 Diwek Jombang  sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Mind Mapping . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pre Experimental design dengan Jenis One Group Pre-test dan Post-test design. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa Soal Pilihan ganda Pre-test dan Post-test dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan uji-t yang telah ditentukan pada nilai pre-test dan nilai post-test dengan uji-t Paired Sample Test maka didapatkan t-hitung memperoleh nilai 3,341 dan t-tabel adalah 2,093 dan nilai signifikan (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 Sehingga hasil t-hitung > t-tabel yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh minat belajar IPS pada siswa kelas V SDN Jatipelem 1 Diwek Jombang dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-08

Cara Mengutip

RiskhaYeni, R., Raharja, H. F., & Salamah, E. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar IPS Kelas V. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(2), 200–204. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4243

Terbitan

Bagian

Articles