Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat Belajar IPS Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4243Kata Kunci:
Model Pembelajaran Mind Mapping, Minat Belajar IPSAbstrak
Pendidikan formal dijenjang Sekolah Dasar timbul beberapa permasalahan terkait dengan pembelajaran IPS. Permasalahan yang sering terjadi pada pembelajaran IPS adalah terkait dengan standar proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar IPS materi Jenis-jenis Usaha Ekonomi Di Indonesia pada siswa kelas V SDN Jatipelem 1 Diwek Jombang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Mind Mapping . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pre Experimental design dengan Jenis One Group Pre-test dan Post-test design. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa Soal Pilihan ganda Pre-test dan Post-test dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan uji-t yang telah ditentukan pada nilai pre-test dan nilai post-test dengan uji-t Paired Sample Test maka didapatkan t-hitung memperoleh nilai 3,341 dan t-tabel adalah 2,093 dan nilai signifikan (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 Sehingga hasil t-hitung > t-tabel yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh minat belajar IPS pada siswa kelas V SDN Jatipelem 1 Diwek Jombang dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Refi RiskhaYeni, Hawwin Fitra Raharja, Evi Rizqi Salamah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.