Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Perkembangan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPS

Penulis

  • Farah Amrillaiy Dewi Universitas Hasyim Asy'ari
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy'ari
  • Evi Rizqi Salamah Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4234

Kata Kunci:

Pembelajaran Kooperatif, Pengaruh, Think Pair Share

Abstrak

Konteks penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPS di sekolah dasar seringkali mengadopsi gaya tradisional dan kurang partisipatif, sehingga kurang menarik bagi siswa. Karena kurangnya kegiatan kelompok atau diskusi kelas, siswa menjadi kurang terlibat dan bosan dengan mata pelajaran mereka, yang menghambat kemampuan mereka untuk mengembangkan keterampilan sosial. Oleh karena itu, penelitian hendak menyingkap bagaimana pengaruh TPS pada siswa kelas IV IPS. Desain pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design digunakan dalam penelitian ini, dan sampel penelitian terdiri dari 29 siswa kelas IV di SDN Balongbesuk. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang cukup besar dalam keterampilan sosial siswa ketika metodologi TPS pasangan berpikir digunakan. Berdasarkan temuan ini, paradigma pembelajaran kooperatif TPS dapat menjadi pengganti yang berguna untuk memperkuat pembelajaran IPS yang menarik dan berkonsentrasi untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan sosialnya. Oleh karena itu model ini dapat disarankan kepada guru sebagai metode pengajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan membantu mereka memajukan keterampilan sosial mereka dalam konteks studi IPS.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-08

Cara Mengutip

Dewi, F. A., Fitra Raharja , H., & Salamah, E. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Perkembangan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPS. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(2), 249–255. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4234

Terbitan

Bagian

Articles