Peran Orang Tua Dalam Mendorong Prestasi Non Akademik Siswa Di SDN Balongbesuk Jombang

Penulis

  • Farida Usthufiyah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy'ari
  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4232

Kata Kunci:

Pola Asuh, Non akademik

Abstrak

Keluarga, dan khususnya orang tua, memainkan peran penting dalam membantu anak-anak mengembangkan prinsip-prinsip moral dan menetapkan tujuan hidup yang bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji praktik parenting terhadap prestasi belajar siswa di SDN Balongbesuk Jombang. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, teknik penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian berasal dari kedua orang tua dan murid dari anak-anak dengan prestasi ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh “demokratis†yang dianggap menawarkan sikap yang baik dan menyemangati anak, merupakan pola asuh yang dipilih oleh orang tua. Orang tua berusaha mendorong prestasi anak-anak mereka dengan memberi mereka fleksibilitas untuk memilih dan terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, menawarkan dorongan dan dukungan, dan mengalokasikan waktu untuk melihat anak-anak mereka berkompetisi. Siswa non-akademis berprestasi tinggi sering menggunakan pendekatan pengasuhan ini. Akhirnya, ditemukan bahwa pendekatan pengasuhan "demokratis" membantu keberhasilan siswa non-akademik.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-08

Cara Mengutip

Usthufiyah, F., Fitra Raharja , H., & Dwinata, A. (2024). Peran Orang Tua Dalam Mendorong Prestasi Non Akademik Siswa Di SDN Balongbesuk Jombang. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(2), 217–224. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4232

Terbitan

Bagian

Articles