Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi PKN Kelas III SDN Kesamben 2 Ngoro Jombang

Penulis

  • Liza Kamelia Universitas Hasyim Asy'ari
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy'ari
  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4230

Kata Kunci:

Two Stay Two Stray (TSTS) , Hasil Belajar, PKNp

Abstrak

Saat ini masih banyak Guru yang menggunakan metode ceramah, untuk menggunakan model pembelajaran two stray two stay ini masih minim digunakan saat pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui apakah model pembelajaran two stay two stray ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tersebut, ini adalah tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis one-group pretest-postest design. Sampel penelitian ini siswa sejumlah 16 anak. Metode pengumpulan data adalah tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum diberikan tindakan diperoleh rata-rata nilai 66,88 dan setelah mendapatkan tindakan mengalami peningkatan menjadi 86,25. Penelitian ini memberikan pengaruh yang siginifikan sebesar 0,000. Nilai signifikan yang menunjukkan 0,000 < 0,05 sehingga Hâ‚€ ditolak dan Hâ‚ diterima. Artinya ada pengaruh dan respon positif dari penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pkn Kelas III SDN Kesamben 2 Ngoro Jombang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-08

Cara Mengutip

Kamelia, L., Rahma Pratiwi, E. Y. ., & Dwinata, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi PKN Kelas III SDN Kesamben 2 Ngoro Jombang. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(2), 194–199. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4230

Terbitan

Bagian

Articles