Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Godong Jombang

Penulis

  • astiya laili Universitas Hasyim Asy'ari
  • Emy Yunita Rahma Peatiwi Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.4225

Kata Kunci:

model pembelajaran course review horay, hasil belajar, IPA

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran IPA di Kelas V SDN Godong Jombang masih menggunakan pendekatan teacher centered seperti menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Hal ini menyebabkan siswa pasif, bosan dan tidak tertarik mengikuti pembelajaran IPA. Selain itu, metode cermah dan tanya jawab dapat membuat siswa sulit memahami materi IPA. Maka, diperlukan inovasi untuk melaksanakan pembelajaran IPA di kelas, seperti menggunakan model pembelajaran course review horay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Godong Jombang. Metode penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan design pre eksprerimental dalam bentuk one group pre test post test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata – rata hasil nilai pretest yaitu 62,50 sedangkan rata – rata hasil nilai postest yaitu 86,43. Bedasarkan hasil pengujian hipotesis dari hasil pretest dan post test yang dianalisis menggunakan uji paired sample t test melalui aplikasi SPSS 20, diperolehan nilai signifikasi  0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel  (11.337 > 1,703) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V SDN Godong Jombang.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Emy Yunita Rahma Peatiwi, Universitas Hasyim Asy'ari

 

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-28 — Diperbaharui pada 2023-11-30

Versi

Cara Mengutip

laili, astiya, & Peatiwi, E. Y. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Godong Jombang. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(1), 156–164. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.4225 (Original work published 28 November 2023)

Terbitan

Bagian

Articles