Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Putri Chayul Chusnah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy'ari
  • Anggara Dwinata Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.4211

Kata Kunci:

Pengembangan Model Borg and Gall, Flashcard, Menulis Narasi

Abstrak

Fokus penelitian adalah menghasilkan media flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi kelas   2 di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang. Ada 7 tahap yang dilalui 1) potensi dan masalah yang mencakup analisis masalah, 2) penelitian dan pengumpulan data yang mencakup kegiatan mengumpulkan informasi, 3) perencanaan yang mencakup perencanaan desain produk dan pemilihan materi, 4) validasi desain yang mencakup validasi oleh ahli, 5) revisi desain sesuai masukan dan penilaian oleh ahli, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Bersandarkan hasil data selama penelitian 1) media flashcard yang dikembangkan dinyatakan sangat valid digunakan dalam pembelajaran menulis narasi. Hal ini bersandarkan hasil validasi ahli media sebesar 91,25% dan ahli materi 93,13% dari presentase kriteria yang telah ditatapkan. 2) media flashcard yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran menulis narasi. Hal ini bersandarkan hasil angket respon guru 93,75% dan 83% dari angket respon peserta didik. 3) hasil uji coba pengembangan media pembelajaran flashcard memperoleh nilai dari hasil t hitung 11,284 > t tabel 2,056 sehingga dapat dinyatakan efektif dalam meingkatkan keterampilan menulis narasi. Hal ini didukung nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya ada peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan menulis peserta didik dalam menulis narasi sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran flashcard.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-28 — Diperbaharui pada 2023-11-30

Versi

Cara Mengutip

Chayul Chusnah, P., Fitra Raharja, H., & Dwinata, A. (2023). Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(1), 150–155. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.4211 (Original work published 28 November 2023)

Terbitan

Bagian

Articles