Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.4211Kata Kunci:
Pengembangan Model Borg and Gall, Flashcard, Menulis NarasiAbstrak
Fokus penelitian adalah menghasilkan media flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi kelas 2 di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang. Ada 7 tahap yang dilalui 1) potensi dan masalah yang mencakup analisis masalah, 2) penelitian dan pengumpulan data yang mencakup kegiatan mengumpulkan informasi, 3) perencanaan yang mencakup perencanaan desain produk dan pemilihan materi, 4) validasi desain yang mencakup validasi oleh ahli, 5) revisi desain sesuai masukan dan penilaian oleh ahli, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Bersandarkan hasil data selama penelitian 1) media flashcard yang dikembangkan dinyatakan sangat valid digunakan dalam pembelajaran menulis narasi. Hal ini bersandarkan hasil validasi ahli media sebesar 91,25% dan ahli materi 93,13% dari presentase kriteria yang telah ditatapkan. 2) media flashcard yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran menulis narasi. Hal ini bersandarkan hasil angket respon guru 93,75% dan 83% dari angket respon peserta didik. 3) hasil uji coba pengembangan media pembelajaran flashcard memperoleh nilai dari hasil t hitung 11,284 > t tabel 2,056 sehingga dapat dinyatakan efektif dalam meingkatkan keterampilan menulis narasi. Hal ini didukung nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya ada peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan menulis peserta didik dalam menulis narasi sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran flashcard.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-11-30 (2)
- 2023-11-28 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.