Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Penulis

  • Firda Rosalina Universitas Hasyim Asy'ari
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy'ari
  • Ahmad Faizi Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4209

Kata Kunci:

Kata Kunci : Pengembangan Model ADDIE, Pop-Up Book, Pancasila

Abstrak

Dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran adalah perlunya lingkungan belajar baru melalui media pembelajaran. Pada jenjang sekolah dasar media pembelajaran sangat penting sebagai sarana yang dapat menarik perhatian peserta didik agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Di era kemajuan teknologi banyak kewajaran dalam hidup terutama pada usia anak sekolah dasar. Dengan demikian perlunya penguatan materi pada peserta didik tentang nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan yang terkandung dalam pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran Pop-Up Book melalui pembelajaran pancasila untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan melalui lima tahapan yaitu analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Media Pop-Up Book  telah memenuhi kriteria berkualitas dengan mendapat nilai rata-rata dari ahli validator, guru, dan peserta didik sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid dan media sangat layak tanpa perbaikan. Sedangkan implementasi media mendapat hasil 92,2% dari hasil respon angket guru dan peserta didik. Hasil pre test sebelum menggunakan media yang diperoleh peserta didik sebesar 55% dan hasil post test setelah menggunakan media diperoleh nilai rata-rata  sebesar 82%. Perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan media Pop-Up Book sebesar 27% sehingga memperoleh hasil peningkatan belajar peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-08

Cara Mengutip

Rosalina, F., Asmarani, R., & Faizi, A. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(2), 210–216. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4209

Terbitan

Bagian

Articles