Pengaruh konten di Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Siswa Kelas III SDN Kesamben 2 Ngoro Jombang
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.4205Kata Kunci:
konten TikTok, Perilaku SiswaAbstrak
Munculnya media sosial yang beragam salah satunya tiktok yang memiliki berbagai macam konten didalamnya serta dapat diakses oleh berbagai macam kalangan tidak terkecuali oleh siswa. sehingga tanpa sadar hal tersebut dapat mempengaruhi perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten di aplikasi TikTok terhadap siswa kelas III SDN Kesamben 2 Ngoro Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan korelasi dengan desain penelitian Ex post fact. Populasinya adalah seluruh siswa kelas III SDN Kesamben 2 Ngoro Jombang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat penggunaan aplikasi TikTok di kelas III SDN Kesamben 2 Ngoro Jombang berada pada kategori sedang dengan persentase 50,0%. (2) perilaku siswa III SDN Kesamben 2 Ngoro Jombang berada pada kategori sedang sedang dengan persentase 62,5%. (3) Terdapat pengaruh antara konten di aplikasi TikTok terhadap Perilaku Siswa kelas III SDN Kesamben 2 Ngoro Kabupaten Jombang berdasarkan uji t dengan nilai signifikansi 0,014 < 0,05. Dan berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana menyatakan bahwa setiap penambahan 1% konten di aplikasi TikTok akan meningkatkan Perilaku Siswa sebesar 0,752.
Keywords: Konten TikTok, Perilaku Siswa
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-11-30 (2)
- 2023-11-28 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.