Analisis Program TPDS dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SDIT Ar-Ruhul Jadid Jombang

Penulis

  • Siti Mahmudah Universitas Hasyim Asy'ari
  • M. Bambang Edi Siswanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4202

Kata Kunci:

Pengaruh, TPDS, Disiplin

Abstrak

Pendidikan disiplin adalah salah satu proses pendidikan yang bertujuan untuk membantu siswa dalam menumbuhkan serta mengembangkan sikap disiplin, kepatuhan dan rasa hormat dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan sikap disiplin di sekolah tentunya tidak cukup hanya mengandalkan proses pembelajaran di kelas saja, namun perlu adanya tim  khusus yang bertugas dalam menegakkan kedisiplinan siswa. Hal tersebut bertujuan agar penerapan sikap disiplin lebih terkontrol baik ketika siswa di dalam kelas maupun di luar kelas, sehingga siswa akan terbiasa disiplin dalam melakukan kegiatan apaun. Dengan adanya fenomena tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah program Tim Penegakan Disiplin Sekolah (TPDS) berdampak positif terhadap perilaku siswa di SD Terpadu Ar-Ruhul Jadid Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif naratif dan bersifat kualitatif. Siswa SD Terpadu Ar-Ruhul Jadid Jombang kelas satu sampai kelas lima dijadikan sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini, metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data hasil observasi akan diperiksa hingga tahap display data, setelah itu hasilnya akan dikonfirmasi dan divalidasi. Data hasil wawancara dan observasi digunakan sebagai dasar dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SD Terpadu Ar-Ruhul Jadid Jombang menunjukkan adanya pengaruh program Tim Penegakan Disiplin Sekolah (TPDS) terhadap kedisiplinan siswa, antara lain menurunnya keterlambatan siswa, kemampuan siswa dalam mematuhi peraturan, dan kemampuan siswa untuk disiplin dengan waktu, ibadah, aturan, dan dalam kegiatan belajar. Dampak tersebut mengarah pada kesimpulan bahwa program Tim Penegakan Disiplin Sekolah (TPDS) dapat memberikan dampak yang sangat baik bagi siswa, memungkinkan siswa untuk mengembangkan sikap disiplin terhadap orang lain dan diri sendiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-08

Cara Mengutip

Mahmudah, S., & Siswanto, M. B. E. (2024). Analisis Program TPDS dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SDIT Ar-Ruhul Jadid Jombang. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(2), 299–305. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4202

Terbitan

Bagian

Articles