Pengaruh Media Manik-Manik dalam Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN Ngrimbi 2
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4200Kata Kunci:
Media Manik-Manik, Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan, Hasil Belajar siswa.Abstrak
Matematika merupakan sebuah cabang ilmu yang wajib diketahui oleh seluruh manusia di dunia. Karena dalam kehidupan sehari-hari tidak akan lepas dengan hal yang berhubungan dengan angka. Seperti \menentukan jam juga termasuk kedalam ilmu matematika. Mata uang juga salah satu masuk kedalam materi pembelajaran matematika. Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 1 SDN Ngrimbi 2 sebelum dan sesudah menggunakan media manik-manik. Untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh media manik-manik pada pembelajaran matematika kelas 1 SDN Ngrimbi 2 terhadap hasil belajar siswa. Peneliti mendesain dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan Pre-experimental design jenis penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Dengan memperoleh data akurat pada siswa yang belum mendapatkan perlakukan dan setelah mendapatkan perlakuan. Hasil penelitian ini pada pre-test, nilai rata-rata kelompok adalah 57,65. Namun, kelompok tersebut mendapatkan rerata yang berbeda setelah mendapatkan perlakuan dengan nilai rata-rata kelompok adalah 76,4. Sedangkan pada tabel uji Kolmogorov Smirnov kedua data pretest dan posttest menunjukkan bahwa p-value > α = 0,05 yang berarti memiliki distribusi normal. Pada uji Paired Samples t-test terdapat selisih rata-rata dari pretest dan postest yaitu sebesar -5,784. Serta tidak lupa nilai yang menunjukkan signifikan (2-tailed) adalah 0,000 < 0,005 yang menunjukan bahwa hasil anatara pretest dan posttest menunjukan perbedaan yang signifikan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Laila Roidhotun Afifah, Desty Dwi Rochmania
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.