Pengembangan Media Tubokas (Tutup Botol Bekas) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD

Penulis

  • Normalia Fitriani Universitas Hasyim Asy'ari
  • M. Bambang Edi Siswanto

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.4196

Kata Kunci:

Media pembelajaran, Membaca, Model ADDIE

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang terjadi Sekolah dasar yaitu kurangnyaimedia pembelajaran yangimendukung, selain ituuguru masihhmenggunakan bukuusebagai sumber belajari, dan masihhmenggunakan media yang seadanya sebagai media pembelajaran. Hal ini menyebabkan kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa mudahilupa dan bosan untukkbelajar membaca, sehingga potensi siswa kurang berkembang secara optimal dan berimbas pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk  mengetahui proses pengembangan, Mengetahui Implementasi media tubokas, dan untuk mengetahuiikendala yangidihadapi dalam penerapan media tubokas. Jenisspenelitian yanggdigunakan adalah penelitiannpengembangan. Model pengembangannyang digunakan untuk pengembangan media pembelajaran tubokas adalah model ADDIE. Terdapat lima tahapan pada model ADDIE ini yaitu: Analyze, Design, Develpoment, Implementation, Evaluation.  Hasilipenelitian yanggtelah dilakukanimenunjukkan bahwa mediaipembelajaran tubokas ini sangat layakidigunakan dalam kegatan pembelajaran. Dari hasil validasi, media pembelajaran tubokas draf I memperoleh persentase  94,11%, dan hasil validasi, media pembelajaran tubokas draf II memperoleh persentase  97,5%,. Dari hasil pre-testtdan  post-testthasil belajar siswaimengalami peningkatan setelah diuji cobakan produk pengembangan. Dari angket aktivitas guru memperoleh persentase 97% , dan angket aktivitas siswa memperoleh persentase 92,5%

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-28 — Diperbaharui pada 2023-11-30

Versi

Cara Mengutip

Fitriani, N., & Edi Siswanto, M. B. (2023). Pengembangan Media Tubokas (Tutup Botol Bekas) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(1), 135–143. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.4196 (Original work published 28 November 2023)

Terbitan

Bagian

Articles