Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Educandy Pada Kurikulum Merdeka Untuk Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4185Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Game Educandy, Kurikulum Merdeka, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi kelayakan media pembelajaran berbasis game Educandy yang diterapkan dalam kurikulum Merdeka, dengan fokus untuk mendukung peserta didik dalam mengembangkan sikap sebagai pelajar Pancasila, termasuk sikap beriman, berbhinneka, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Penelitian ini dilakukan karena adanya perbedaan minat siswa antara permainan dan proses pembelajaran. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis game Educandy dalam bentuk aplikasi berbasis web, yang bertujuan menjadi media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan semangat belajar siswa kelas IV di SDN Kepanjen 1, Jombang. Tujuan utama pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Proses pengembangan media pembelajaran game Educandy ini mengadopsi metode R&D (Research and Development) dengan menerapkan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil uji validasi media, uji validasi materi, serta hasil angket yang diberikan kepada peserta didik menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis game Educandy mencapai presentase sebesar 91,5% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Selain itu, hasil implementasi media kepada peserta didik dan guru menunjukkan rata-rata persentase sebesar 93% dengan kategori sangat menarik.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Anisa Nurlaila Larasati, Ratih Asmarani, Claudya Zahrani Susilo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.