Efektivitas Metode Demonstrasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Bab 7 Topik B Kelas IV

Penulis

  • Zulfiyatul Jamilah Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia
  • Claudya Zahrani Susilo Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4184

Kata Kunci:

Efektivitas pembelajaran, Metode Pembelajaran Demonstrasi, Keaktifan Belajar Siswa

Abstrak

Beberapa kesenjangan yang terjadi yakni: 1) guru kurang trampil pada pengimplementasian metode dan media pembelajaran konkrit, 2) pembelajaran monoton dan kurang menarik menyebabkan tingginya rasa bosan, 3) manajemen kelas sulit. Penelitian dirumuskan dengan tujuan mengetahui efektivitas pembelajaran sebelum dan sesudah serta perbedaan efektivitas sebelum dengan sesudah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi terhadap keaktifan belajar siswa bab 7 topik B kelas IV. Penggunaan metode penelitian kuantitatif Pre Experimental Design dengan model one sample t-test dengan teknik pemilihan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dibantu dengan instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 yakni one sample t-test, paired sample t-test dan disajikan dalam bentuk tabel dan naratif untuk selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat efektivitas pembelajaran sesudah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi terhadap keaktifan belajar siswa yaitu dengan besarnya pengaruh 35%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-08

Cara Mengutip

Jamilah, Z., Nuruddin, M., & Susilo, C. Z. (2024). Efektivitas Metode Demonstrasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Bab 7 Topik B Kelas IV. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(2), 179–186. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i2.4184

Terbitan

Bagian

Articles