Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar

Penulis

  • Widiyono Aan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara http://orcid.org/0000-0002-2852-5795
  • Nihlatun Nakiyah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Khoirul Amri Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.3797

Kata Kunci:

Model Snowball throwing, Hasil Belajar, IPA, SD Al Islam Pengkol

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang proses pembelajaran IPA yang masih pasif dari interaksi antar siswa dalam berdiskusi. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru yang menyebabkan hasil belajar peserta didik kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPA dalam penerapan model snowball throwing di SD Al Islam Pengkol Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal berupa pretest dan posttest. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian ini diketahui bahwa nilai pretest sebelum menerapkan model Snowball throwing diperoleh rata-rata 64,2 dan rata-rata pada nilai posttest sebesar 77,4. Hal ini dibuktikan hasil analisis uji hipotesis diperoleh nilai signifikasikan (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai α sebesar 0,05 yang artinya nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar IPA pada kelas V SD Al Islam Pengkol Jepara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-16

Cara Mengutip

Aan, W., Nakiyah, N., & Amri, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(2), 78–84. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.3797

Terbitan

Bagian

Articles