Kunraja Media Development (Aksara Jawa Uno Card) On Javanese Script writing Materials In Elementary Schools

Penulis

  • Nur Rofiqoh Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Iqnatia Alfiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.3141

Kata Kunci:

Model ADDIE, KUNRAJA, Aksara Jawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media KUNRAJA pada materi menulis akssara jawa di sekolah dasar pada kelas III UPT SD Negeri 43 Gresik tahun ajaran 2020/2021. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi dan disederhanakan yaitu, analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation) dan evaluasi (Evaluation). Hasil pengembangan media pembelajaran berupa media KUNRAJA berisikan materi menulis aksara jawa. Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah ahli materi dan ahli media yang berjumlah 4 validator serta peserta didik kelas III dengan jumlah 28. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran dan tes hasil belajar peserta didik. Dengan analisis data yaitu, analisis kevalidan media pembelajaran, analisis kepraktisan media pembelajaran serta efektivitas media pembelajaran.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif data hasil validasi diperoleh bahwa pegembangan media KUNRAJA pada materi menulis akasara jawa di Sekolah Dasar memenuhi kriteria baik, sebagai berikut: a) Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh 4 validator memperoleh presentase 100% oleh ahli materi 1 dan presentase 100% oleh ahli materi 2 dengan total rata-rata penilaian yakni 100%, dan presentase 100% oleh ahli media 1 dan presentase 92,5 % oleh ahli media 2 dengan total rata-rata penilaian yakni 96,25% yang dikategorikan dalam valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran, b) Dikategorikan praktis dari hasil analisis dalam kepraktisan media pembelajaran oleh para validator menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi. c) sedangkan pada tes hasil belajar, peserta didik yang memperoleh nilai sebesar ≥70 adalah sebanyak 28 jumlah peserta didik dengan presentase 93,1% yang dikategorikan efektif untuk digunakan dalam proses  pembelajaran.

Kata Kunci : Model ADDIE, KUNRAJA, Aksara Jawa.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-21

Cara Mengutip

Rofiqoh, N. ., Khoirul Umam, N., & Alfiansyah, I. (2022). Kunraja Media Development (Aksara Jawa Uno Card) On Javanese Script writing Materials In Elementary Schools. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.3141

Terbitan

Bagian

Articles