The Implementation Of Multiple Intelligences In High Class Learning At The Stage State Elementary School Kedung District Jepara Regency

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.3097

Kata Kunci:

Implementasi multiple intelligences dalam pembelajaran

Abstrak

Nur Khomsanah. 2022. Implementasi Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Kelas Tinggi di SD Negeri Panggung Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Sarjana pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Dosen Pembimbing: Muhammad Misbahul Munir, M.Pd. 140. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, faktor pendukung, hambatan dan respon siswa dalam menerapkan pembelajaran berbasis multiple intelligences pada siswa kelas tinggi di SD Negeri Panggung Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas tinggi (kelas IV, V dan VI). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan pembelajaran berbasis multiple intelligences terdiri dari 3 tahapan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan awal diberikan apersepsi dan motivasi. Apersepsi dan motivasi tersebut berupa kegiatan alfa zona, warmer, pre-teach dan scenee setting. Sedangkan dalam kegiatan pembelajaran siswa difasilitasi untuk belajar melalui kedelapan jenis kecerdasan, yaitu: linguistik, logis-matematik, spasial-visual, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal dan naturalis. Penilaian pembelajaran dilakukan secara autentik. Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences adalah, kompetensi guru. Adapun hambatan yang dialami dalam implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences adalah siswa.. Data respon siswa dalam penelitian ini diambil dari angket respon siswa dan dapat dikategorikan respon siswa terhadap pembelajaran berbasis multiple intelligences sangat baik.

 

Keywords: Implementasi multiple intelligences dalam pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-21

Cara Mengutip

Widiyono, A. (2022). The Implementation Of Multiple Intelligences In High Class Learning At The Stage State Elementary School Kedung District Jepara Regency. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(1), 15–28. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.3097

Terbitan

Bagian

Articles