English Learning Community in English Village dan Meningkatkan Berkomunikasi Kelas 5(A) MI Al-Hidayah
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2979Kata Kunci:
Pemelajaran, game dan soongAbstrak
Bahasa merupakan jembatan dunia dan pendidikan adalah salahsatu bentuk modal awal dalam pembelajaran sehingga siswa mampu dan bisa memahami penting nya perubahan dalam pembelajaran yang di terapkan pada siswa dengan adanya kemajuan globalisasi serta bahasa yang di gunakan mengunakan bahasa ingris karena bahasa internasional ini yang saya terapkan di MI Al-hidayah serta model pembelajaran yang mengasikan dan siswa mudah dalam memahami gem and song model pembelajaran yang menerapkan lagu dan permainan sehinga anak SD semakin senang dalam belajarkarena siswa tidak merasakan belajar tapi mereka mendapatkan hasil yang maksimal bisa berkomunikasi serta siswa bisa meng hafal vocabulari prosa kata bahasa ingris dengan mudah dan gampang kita sebagai peneliti mencari metode yang mudah dan dalam pembelajaran sehinga siswa bisa belajar tanpa ada penekana di sini siswa belajar bahasa ingris tidak ada nya paksaan dan mereka menikmati metode ini dengan pengucapan serta praktek di kelas serta siswa di ajak untuk bermain gem dan menikmati pembelajaran tersebut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mengenai bagaimana bentuk fenomena belajar peserta didik, bagaimana cara menumbuhkan kedisiplinan peserta didik dan bagaimana metode yang tepat dalam pembelajaran demokratis dapat menumbuhkan kedisiplinan belajar peserta didik di MI Al-hidayah tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan bentuk fenomena belajar peserta didik, mendiskripsikan cara menumbuhkan rasa ingin tahu dan meningkatnya cara belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa, tenaga kependidikan dan siswa kampung bahasa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2022 s.d Juni 2022. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data diperoleh dengan metode triangulasi sumber.