The Effect Of PBL Model On Learning Outcomes Theme 5 Subtheme 3 Learning 1 In Grade 3
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.2955Kata Kunci:
Model PBL, Hasil Belajar Berpikir KritisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar siswa berpikir kritis sebelum menggunakan model PBL pada tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 di kelas 3 SDN Gedangan Hasil belajar siswa berpikir kritis setelah menggunakan model PBL pada tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 di kelas 3 SDN Gedangan 1, serta Untuk mengetahui tanggapan siswa setelah belajar berpikir kritis menggunakan model PBL pada tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 di kelas 3 SDN Gedangan 1. Hasil penelitian ini di harapkan memberikan pemikiran yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi untuk menambah pengetahuan, serta digunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan bagi lembaga-lembaga yang terkait dengan model pembelajaran PBL. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimental dan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest desain. Subjek penelitian pada siswa kelas 3 SDN Gedaangan 1 Sumobito Jombang tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian dilakukan pada semester genap bulan Januari 2022. Siswa diberikan tes belum dan sesudah pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL pada pembelajaran tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 di kelas 3 SDN Gedangan 1, dari uji pretest dan posttest yang telah dilakukan diperoleh hasil rata-rata pretest 62 dengan 18 siswa memperoleh nilai dibawah KKM dan 16 siswa memperoleh nilai diatas KKM, sedangkan rata-rata posttest 90 tidak ada siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Respon positif data hasil angket siswa sebesar 68,6% hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dalam pembelajaran tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 di kelas III SDN Gedangan 1 dapat membawa pengaruh positif terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa.
Keywords: Model PBL, Hasil Belajar Berpikir Kritis