Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas V Pada Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1 di SD Negeri Kedungotok
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2947Kata Kunci:
pengaruh, project based learning, kemampuan berpikir kreatifAbstrak
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 di SD Negeri Kedungotok. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre eksperimental design dengan one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kedungotok yang terdiri dari 1 kelas terdiri dari 15 siswa, perempuan sebanyak 11 orang dan laki laki 4 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang terdiri dari 15, perempuan sebanyak 11 orang dan laki laki 4 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes (Essay Test) untuk mendapatkan data kemampuan berpikir kratif siswa dan metode observasi untuk mengetahui aktivitas siswa selama penelitian. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif lebih baik dari pada sebelum diterapkan model pembelajaran project based learning. Berdasarkan rata-rata nilai siswa diperoleh pre-test adalah 57,5 dan Post-test adalah 84,16. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t dengan taraf signifikan = 5% diperoleh t_hitung = 8,66 dan t_table pada α = 5% dan db = (15 –1) = 14 di dapat t_table = 1,76. Oleh karena t hitung > t table hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas v pada tema 8 sub tema 1 pembelajaran 1 di SD Negeri Kedungotok tahun pelajaran 2022.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.