Pengembangan Media Montik Pada Lingkungan Tempat Tinggalku Untuk Hasil Belajar Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2904Kata Kunci:
Montik, Lingkungan Tempat Tinggalku, Hasil BelajarAbstrak
Penggunaan media dalam pembelajaran merupakan aspek yang penting untuk menunjang pembelajaran. Terdapat banyak media yang dapat digunakan dalam sistem pembelajaran, khusunya pada lingkungan sekolah dasar. Media yang dapat digunakan di lingkungan sekolah dasar yaitu menerapkan media MONTIK (Monopoli Tematik). Media Monopoli Tematik dapat diterapkan di siswa sekolah dasar karena dasar dari pembelajaran siswa di sekolah dasar ialah bersenang-senang sambil belajar dengan dengan menggunakan kartu sebagai medianya dapat menyampaikan materi. Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui pembuatan media monopoli tematik serta penerapannya dalam pembelajaran tematik terpadu kelas IV di SDN Jogoloyo pada tema “Lingkungan Tempat Tinggalkuâ€. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnB dengan mengedepankan proses pengembangan dalam 5 tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan 3 aspek yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media monopoli tematik pada siswa kelas IV dengan tema 8 subtema “Lingkungan Tempat Tinggalku†di SDN jogoloyo merupakan langkah efektif dalam melakukan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas tersebut.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.