Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2023-11-28. Baca versi terbaru.

Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Tematik Materi Kegiatan Ekonomi

Penulis

  • Diva Rohmatin Nazila Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia
  • Hawwin Raharja Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2899

Kata Kunci:

Pembelajaran Berkelompok, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pencapaian hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan yang ingin dicapai oleh penelitian ini adalah mendeskripsikan Pengaruh Model Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw  sehingga suasana belajar mengajar lebih menyenangkan, meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya dan berdiskusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen, dengan menggunakan populasi siswa kelas IV SDN Pesanggrahan. Jenis penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan  dalam  tiga  tahap  yaitu  pretest,  perlakuan  dan  posttest.  Teknik pengumpulan data adalah dengan test dan angket. Instrumen dalam penelitian ini berupa test awal (Pretest) dan tes akhir (posstets). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan  Memahami materi Kegiatan Ekonomi Sebelum menggunakan Model Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw kelas IV SDN Pesanggrahan secara umum dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dengan nilai 66,14. 2) Kemampuan Memahami materi Kegiatan Ekonomi sesudah menggunakan  Model Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw kelas IV SDN Pesanggrahan dikategorikan mampu dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dengan nilai 88,86. 3) Pengaruh pembelajaran pada materi Kegiatan Ekonomi menggunakan Model Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw  kelas IV SDN Pesanggrahan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan presentase pada pretest dan posttest pada angka 34,4%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-28

Versi

Cara Mengutip

Nazila, D. R., & Raharja, H. (2023). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Tematik Materi Kegiatan Ekonomi. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(1), 42–50. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2899

Terbitan

Bagian

Articles