Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Tematik Materi Kegiatan Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2899Kata Kunci:
Pembelajaran Berkelompok, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pencapaian hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan yang ingin dicapai oleh penelitian ini adalah mendeskripsikan Pengaruh Model Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw sehingga suasana belajar mengajar lebih menyenangkan, meningkatkan keaktifan siswa dalam bertanya dan berdiskusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen, dengan menggunakan populasi siswa kelas IV SDN Pesanggrahan. Jenis penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu pretest, perlakuan dan posttest. Teknik pengumpulan data adalah dengan test dan angket. Instrumen dalam penelitian ini berupa test awal (Pretest) dan tes akhir (posstets). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan Memahami materi Kegiatan Ekonomi Sebelum menggunakan Model Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw kelas IV SDN Pesanggrahan secara umum dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dengan nilai 66,14. 2) Kemampuan Memahami materi Kegiatan Ekonomi sesudah menggunakan Model Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw kelas IV SDN Pesanggrahan dikategorikan mampu dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dengan nilai 88,86. 3) Pengaruh pembelajaran pada materi Kegiatan Ekonomi menggunakan Model Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw kelas IV SDN Pesanggrahan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan presentase pada pretest dan posttest pada angka 34,4%.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-11-30 (2)
- 2023-11-28 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.