Pengembangan Media Explosion box Sebagai Pengenalan Sejarah Bangsa Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Sufie Aulya Rahmadhany Universitas Hasyim Asy'ari
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2895

Kata Kunci:

Pendidikan, Media Explosion box, dan IPS

Abstrak

Masalah yang diteliti adalah bagaimana proses pengembangan media explosion box, kualitas media explosion box dan bagaimana penerapan media explosion box. Dengan tujuan yaitu untuk mengetahui peroses pengembangan media explosion box, kualitas media explosion box dan penrapan media explosion box di SDN Sugihwaras 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D). Dengan model 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Sugihwaras 1 Jombang. Peneitian ini dilaksanakanpada bulan Februari s.d Juni 2022. Metode yang digunakan adalah metode obeservasi, wawancara, dokumantasi dan lembar angket. Analisis data diperoleh menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, media pembelajaran explosion box memiliki nilai rata-rata 92,21%. Kategori Penilaian Skala Lima menurut Purwanto dibagi menjadi 5, yaitu sangat layak, layak, cukup layak, kurang layak dan tidak layak. 3). Penerapan media explosion box sebagai upaya pengenalan sejarah bangsa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Sugihwaras 1 Jombang yaitu menunjukkan bahwasanya respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti baik dan dapat diterima oleh peserta didik pada saat pembelajarn berlangsung. Selain mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik peneliti juga mendapatkan respon yang baik pula dari pendidik dengan rerata presentase 82,6%, yang artinya media pembelajaran explosion box memang Layak digunakan oleh peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-16

Cara Mengutip

Rahmadhany, S. A., & Asmarani, R. (2023). Pengembangan Media Explosion box Sebagai Pengenalan Sejarah Bangsa Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(2), 85–94. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2895

Terbitan

Bagian

Articles