Pengaruh Media Papan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kelas 2 di SDIT Darul Falah
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2891Kata Kunci:
Papan Puzzle, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran papan puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas 2 di SDIT Darul Falah pada materi pengamalan Sila-sila Pancasila. Adapun latar belakang penelitian ini dikarenakan masih ada beberapa guru dalam menjelaskan materi tanpa menggunakan alat penunjang media pembelajaran yang berdampak pada pemahaman dan hasil belajar siswa yang jauh dari KKM. Metode penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pre- Test Post-Test yaitu yang hanya melibatkan satu kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media papan puzzle. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2B yang berjumlah 21 siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah tes. Uji analisis dapat dilakukan dengan uji t-test dengan mengukur uji normalitas terlebih dahulu. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa tabel paired sample test pada hasil belajar peserta didik dapat diketahui bahwa nilai sig = 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran papan puzzle dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pengamalan Sila-sila Pancasila di SDIT Darul Falah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media papan puzzle ini dapat menjadi salah satu solusi dalam menikatkan hasil belajar hususnya pada materi pengamalan Sila-sila Pancasila.