Pengaruh Media Papan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kelas 2 di SDIT Darul Falah

Penulis

  • Rohmatul Hidayah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2891

Kata Kunci:

Papan Puzzle, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran papan puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas 2 di SDIT Darul Falah pada materi pengamalan Sila-sila Pancasila. Adapun latar belakang penelitian ini dikarenakan masih ada beberapa guru dalam menjelaskan materi tanpa menggunakan alat penunjang media pembelajaran yang berdampak pada pemahaman dan hasil belajar siswa yang jauh dari KKM. Metode penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Design dengan desain One Group Pre- Test Post-Test yaitu yang hanya melibatkan satu kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media papan puzzle. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2B yang berjumlah 21 siswa. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah tes. Uji analisis dapat dilakukan dengan uji t-test dengan mengukur uji normalitas terlebih dahulu. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa tabel paired sample test pada hasil belajar peserta didik dapat diketahui bahwa nilai sig = 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran papan puzzle dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pengamalan Sila-sila Pancasila di SDIT Darul Falah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media papan puzzle ini dapat menjadi salah satu solusi dalam menikatkan hasil belajar hususnya pada materi pengamalan Sila-sila Pancasila.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-16

Cara Mengutip

Hidayah, R., & Yunita Rahma Pratiwi, E. . (2023). Pengaruh Media Papan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kelas 2 di SDIT Darul Falah. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(2), 70–77. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2891

Terbitan

Bagian

Articles