Pengaruh Media Diorama Siklus Hidrolodi Berbasis STEM Terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2889Kata Kunci:
Siklus Hidrologi, STEM, Diorama, Siklus Hidrologi, STEM, DioramaAbstrak
Penelitian yang dilatar belakangi oleh beberapa kesenjangan diantaranya: 1) terjadinya kesenjangan antara pengetahuan dan keterampilan, 2) pembelajaran bersifat transmisif, 3) perwujudan dari interpretasi globalisasi melalui peningkatan muru Pendidikan. Penelitian ini dirumuskan dengan tujuan mengetahui pengaruh penggunaan Media Diorama Siklus Hidrologi berbasis STEM untuk kelas V SDIT Ar-Ruhul Jadid. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Eksperimen. Penelitian Ekperimen yang digunakan terfokus pada metode Quasi Eksperimental Design dengan model percobaan nonequivalent Control Group Design. Dalam implementasinya, kelas telah dibagi menjadi dua kelompok yakni kelas kontrol dan kelas ekperimen melalui teknik purpossive sampling dengan syarat nilai dan pertimbangan pendidik. Hasil penelitian dinyatakan adanya perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen didasari persentase penguasaan kelas kontrol 69% dan kelas eksperimen 81% sehingga dapat disimpulkan bahwa media Diorama Siklus Hidrologi berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik.