Pengembangan Media Interaktif Animasi Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Belajar Siswa Materi IPS

Penulis

  • Riza Rizkiyah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Muhammad Nuruddin Universitas Hasyim Asy'ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2883

Kata Kunci:

ADDIE Model Development, Articulate Storyline, The Uniqueness of the Area I Live in

Abstrak

Kegiatan pembelajaran dengan metode ceramah melalui bantuan buku paket perlu adanya perubahan agar siswa menjadi lebih semangat dan giat dalam belajar.Salah satu cara untuk melakukan perubahan yaitu melalui pengembangan yang mengikuti era digital elektronik. Media yang dikembangkan berupa pembelajaran berbasis Articulate Storyline. Hal inibertujuan untuk mempermudah siswa dalam belajar, baik belajar secara dibimbing maupun secara mandiri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model penelitian jenis ADDIE yang dikembangkan oleh Tegeh (2014:42). Pada jenis ADDIE ini terdapat 5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap penerapan dan tahap evaluasi.Hasil penelitian yang dilakukan pada media pembelajaran berbasis Articulate Storyline sangat layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dengan berdasarkan penilaian yang telah dilakukan pada hasil validator ahli instrument dengan mendapat presentase 84,3%. Hasil validator ahli materi dengan mendapat skor 85%. Hasil penilaian validator ahli media mendapat presentase 91,25%. Untuk hasil angket respon siswa mendapat presentase 90%. Dari hasil penelitian yang didapat tersebut dalam kategori sangat baik dan layak digunakan.

Kata Kunci : Pengembangan Model ADDIE, Articulate Storyline, Keunikan Daerah Tempat Tinggalku

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-28 — Diperbaharui pada 2023-11-30

Versi

Cara Mengutip

Rizkiyah, R., & Nuruddin, M. (2023). Pengembangan Media Interaktif Animasi Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Belajar Siswa Materi IPS . IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(1), 90–96. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2883 (Original work published 28 November 2023)

Terbitan

Bagian

Articles