Pengembangan Game Kuis Berbasis Android Menggunakan Kahoot Untuk Siswa Kelas V SDIT Darul Falah

Penulis

  • Dedy Nurqori Universitas Hasyim Asy’ari
  • Hawwin Fitra Raharja Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2880

Kata Kunci:

Game Kuis, Android, Kahoot

Abstrak

Kemajuan teknologi dalam bentuk smartphone saat ini menjadi salah satu contoh bagaimana kecanggihan teknis dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Penggunaan gadget terutama android yang dioperasikan anak-anak meliputi game. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dianggap mampu untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran adalah game kuis berbasis android menggunakan kahoot, karena media pembelajaran game kuis ini siswa mampu bermain, belajar, dan aktif dalam pembelajaran sehingga pemahaman siswa dalam mempelajari materi tematik menjadi lebih baik dan ingatan siswa menjadi lebih terasah. Game kuis berbasis android menggunakan kahoot memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui perancangan pengembangan game kuis berbasis android menggunakan kahoot, kualitas produk game kuis berbasis android menggunakan kahoot, dan efektivitas game kuis berbasis android menggunakan pada mata pelajaran tematik. Prosedur penelitian ini menggunakan model 4D yaitu define, design, development, and dissemination. SDIT Darul Falah Jombang merupakan lokasi yang dipilih untuk melaksanakan penelitian dengan skala besar yaitu 18 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa penerapan media game kuis berbasis android menggunakan kahoot termasuk dalam kategori sangat baik dengan total skor 89% menurut tiga pakar ahli, meliputi ahli media dengan persentase 94% kategori sangat baik, ahli materi dengan persentase 86% kategori sangat baik, dan ahli RPP dengan persentase 88% kategori sangat baik. Sedangkan efektivitas melalui hasil angket respon siswa memperoleh skor sebesar 88% termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media game kuis berbasis android menggunakan kahoot layak dan efektif dalam proses pembelajaran siswa kelas V SDIT Darul Falah Jombang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-16

Cara Mengutip

Nurqori, D., & Raharja, H. F. (2023). Pengembangan Game Kuis Berbasis Android Menggunakan Kahoot Untuk Siswa Kelas V SDIT Darul Falah. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(2), 120–128. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i2.2880

Terbitan

Bagian

Articles