Pengembangan Media Buku Bergambar Flipbook Materi Metamorfosis Pada Pembelajaran Ipa Kelas IV SDN Jogoloyo
DOI:
https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2874Kata Kunci:
Media validity, flipbook picture bookAbstrak
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE meliputi tahap (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Model ini digunakan untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran yang berkaitan dengan media pembelajaran yang digunakan dan disesuaikan dengan karakteristik siswa. Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yakni siswa kelas IV tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data kevalidan media yaitu lembar angket validasi kemudian untuk angket respon perserta didik kemudian untuk kuwalitas menggunakan rata-rata dari hasil validasi dan implementasi. Kevalidan Media buku bergambar flipbook belajar dapat dikatakan valid karena telah melampaui hasil yang telah ditentukan. Dengan demikian media buku bergambar flipbook dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dan mendapatkan nilai total 162 rata-rata 61,33 % dan mendapatkan nilai presentase 89,34 %. Hasil uji coba pengembangan media pembelajaran memperoleh skor sebesar 768 dari hasil maksimal 880 dan setelah dilakukan analisis dan dipersentase nilai tersebut mendapat hasil sebesar 87,33%. Dan disimpulkan bahwa berdasarkan uji coba pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan hasil yang signifikan. Dan siswa kelas IV juga mampu menerima pembelajaran tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 dengan menggunakan media pembelajaran buku bergambar flipbook dengan baik.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Indonesian Journal of Primary Science Education (IJPSE)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.